ipmjateng.or.id, KARANGANYAR– Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar (PR IPM) SMAMuhammadiyah 1 Karanganyar menggelar kegiatan Musyawarah Ranting (Musyran). Kegiatan inibertempat di SMA Muhammadiyah 1 KaranganyarJawa Tengah, pada Senin (15/10). “Janganmenjadi mayat hidup”, itu lah pesan kepala sekolah kepada seluruh siswa

            Lanjut Munfarid, S.Ag, M.Pd.I, menyampaikan bahwa mayat hidup yang dimaksud bukanlah manusia yang sudah meninggal menjadi mayat lalu bisa hidup berjalan bebas di dunia, melainkan mayat hidup ialah manusia yang hidup tanpa bisa berarti untuk dirinya sendiri dan orang lain. “Ibarat kata, hidupnya hanya mengalir saja seperti air. Tanpa ada perubahan dan pencapaian”, ungkap kepala sekolah.

            Munfaridmenambahkan bahwa setiap harinya ia hidup seperti tanpa tujuan, jikateman-teman sebayanya bersekolah, ia pun bersekolah, jika teman sebayanyabermain, ia pun juga bermain, mengikuti saja kemana banyak orang pergi tanpatahu tujuan dan pencapaiannya dalam hidup. Ia tak peduli apakah yang ia lakukansehari-hari ada manfaatnya atau tidak, ia hanya terus hidup mengikuti arus.

Sambutan kepala SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, bapak Munfarid, SAg, MPdI

          “MusyranPR IPM Muhi yang biasa disebut pemilihan umum (pemilu). Musyran adalah musyawarahtertinggi ditingkat ranting. Tujuan diadakanacara ini sebagai ajang evaluasi pimpinan, membahas isu-isu strategis,merumuskan program kerja yang akan datangdan pemilihan pimpinan ranting periode selanjutnya”, tutur Munfarid.

          KemudianMunfarid menyampaikan bahwa dalam pemilu ini juga berfungsi untuk menguji mental serta keberanian para pasangan calonketua dan wakil ketua, karena pada pemilu ini mereka dituntut  untuk berorasidihadapan ribuan siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, juga harus siap menerimapertanyaan-pertanyaan kejutan yang disampaikan dalam sesi tanya-jawab. Selainitu, dalam proses pemilu sendiri siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar bisaberlatih bagaimana cara memilih dan memilah pemimpin yang menurut mereka amanahjuga bagaimana rasanya melaksanakan asas luber jurdil pemilu dalam tahappencoblosan.

            Di akhir kegiatan, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar ini, menyampaikan kepada siswa agar mengevaluasi kegiatan mereka sehari-hari apakah yang mereka lakukan bermanfaat atau tidak, agar tak menjadi mayat hidup. Beliau juga menyampaikan agar tidak takut bermimpi serta bersungguh-sungguh dalam menggapai apa yang menjadi impiannya. (Dinda/Rizal)