ipmjateng.or.id, Tegal – Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) merupakan organisasi pelajar Muhammadiyah yang selalu diharapakan dapat berkontribusi bagi bangsa dan Muhammadiyah. Menjadi kader IPM paling tidak harus membawa perubahan bagi lingkungan sekitar. Di samping itu, IPM harus menjadi teladan bagi para pelajar di sekitarnya.

Satu keteladanan terlihat di tengah-tengah acara Musyawarah Wilayah (Musywil) IPM Jawa Tengah, Jumat, (1/3/2019). Beberapa kader IPM terlihat sibuk membersihkan sampah-sampah di sekitar acara. Satu di antara pelajar itu adalah Faizal Jamaluddin.

Dijumpai reporter tabloidcermin.com, Faizal mengaku tergerak untuk membersihkan sampah secara spontan. Hal itu juga dilakukannya berdasarkan inisiatif sendiri.

“Saya dan teman-teman melakukan itu karena inisiatif sendiri. IPM harus membawa manfaat bagi sekitarnya,” ucap Kader IPM Margasari Kabupaten Tegal ini.

Di acara Musywil sebenarnya sudah ada petugas kebersihan sendiri. Namun, Faizal dan temen-temen IPM lainnya terlihat bersemangat membersihkannya.

Apa saja yang dilakukan Faizal dan kawan-kawan?

“Selain membersihkan, kami juga mengangkut gerobak sampah ke tempat pembuangan akhir di halaman belakang,” katanya.

Ketua PD IPM Kabupaten Tegal M. Sofiyudin menyampaikan pentingnya pelajar untuk selalu menjadi pelopor dalam segala hal kebaikan.

“Datang dengan kondisi bersih, maka pulang pun harus dalam kondisi bersih pula, seperti sedia kala,” katanya. *(lim)