ipmjateng.or.id, Semarang – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Jawa Tengah periode 2019-2021 resmi dilantik, Minggu (14/4/2019).
Serah terima jabatan oleh Ketua Umum PW IPM Jawa Tengah periode 2017-2019, Muhammad Basyirudin kepada Ketua Umum PW IPM Jawa Tengah periode 2019-2021, Muhammad Nurul Huda. Dalam acara tersebut turut mengundang Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah beserta ortomnya, Wakil Gubernur Jawa Tengah, dan Pimpinan Pusat (PP) IPM, KNPI Jawa Tengah, IPNU Jawa Tengah, PII Jawa tengah, Koorinator alumni IPM Jawa Tengah, serta kader IPM se-Jawa Tengah turut meramaikan prosesi pelantikan yang bertempat di Aula Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS).
Dalam sambutannya Ahmad Basyirudin juga menyampaikan harapannya terhadap PW IPM Jawa Tengah periode 2019-2021 “Harapan untuk PW IPM Jateng kedepan adalah lebih bisa mengakar dalam gerakan. Sebagai bentuk karya nyata yang bisa menjangkau seluruh pelajar baik di Jawa Tengah maupaun Nasional”, tuturnya.

Pidato iftitah Ketua Umum PW IPM periode 2019-2021, Muhammad Nurul Huda menyampaikan tentang arah gerakan dari PW IPM pada periodenya.
“Seperti halnya periode Ahmad Basyirudin yang memiliki ciri khas dengan Gerakan Literasi Berdikari, maka PW IPM jawa Tengah juga akan melanjutkannya dan mengembangkannya lebih baik lagi”.
Visi: Pelajar Berilmu dan Berkeadaban Menuju Pelajar Jawa Tengah Berkemajuan.
Melalui 3 misi:

  1. Perkaderan
    yaitu dengan memasifkan perkaderan, PW IPM Jawa Tengah merupakan salah satu PW IPM terbesar di Indonesia, secara kuantitas kita banyak, akan tetapi perkaderan di Jawa Tengah belum merata, pemerataan perkaderan menjadi salah satu konsen PW IPM periode ini.
    Sebagai organisasi otonom Muhammadiyah, tentu IPM diharapkan untuk melakukan perkaderan sebanyak mungkin, agar ketika telah purna di IPM nanti dapat melanjutkan perkaderan ditingkat diatasnya lagi, sehingga tidak ada istilah bahwa Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah kekurangan kader, karena telah diisi oleh kader-kader IPM.
  2. Keislaman
    Melalui penguatan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan, serta menggembirakan agenda dakwah pelajar dengan berbagai inovasi. Sehingga simpatisan atau kader IPM bergembira karena di IPM tercerahkandgn wawasan keislaman-kemuhammadiyahan dan bergembira karena senantiasa beramal di IPM.
  3. Keilmuan
    Dengan menghidupkan forum dialektika sebagai wujud dari pencerdasan, pencerahan, dan sekaligus memajukan pelajar-pelajar jawa tengah.

Selain pidato iftitah ataupun pidato wada yang disampaikan dari Ketua Umum PW IPM Jawa Tengah yang baru ataupun Ketua Umum PW IPM Jawa Tengah yang lama, ada beberapa sambutan yang disampaikan, diantaranya perwakilan dari Wakil Gubernur Jawa Tengah yang diwakilkan oleh Bakespol Jawa Tengah, PWM Jawa Tengah, Ketua Umum PP IPM. Dosen Tetap Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), keynote speech seminar kepemudaan Jawa Tengah. (ind/dinul)