Semarang : (024) 8314823 media.ipmjateng@gmail.com

Jum’at, 28 September 2018 telah dilaksanakan Pembukaan Pelatihan Gabungan MDMC ( Muhammadiyah Disaster Management Center ) Se- Jawa Tengah di alun – alun Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Acara ini akan dilaksanakan mulai hari Jum’at sore tanggal 28 – 30 September 2018.

Acara ini dihadiri oleh Ketua LPB – MDMC Muhammadiyah Pusat Bapak Budi Setiawan. PC IPM Majenang memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan wawancara terhadap beliau. Salah satu pertanyaan yang dilontarkan kepada Bapak Budi Setiawan adalah “ Apakah harapan Bapak mengenai acara ini bagi pelajar?”. “Peningkatan kapasitas seperti yang terdapat dalam rumus kebencanaan, bahwa resiko samadengan kerentaan kali ancaman dibagi kapasitas. Yang artinya, apabila kapasitasnya besar maka ancaman yang akan terjadi kecil, tutur beliau.

Kapasitas di sini dapat diartikan sebagai kemampuan, baik untuk meningkatkan kapasitas individu maupun kebersamaan. Maka dari itu pelajar diharapkan bisa tanggap dan memahami terhadap segala ancaman yang terjadi sesuai kapasitas yang kita miliki. Beliau juga berkata ” Saya berharap pada lokasi kapasitas masing – masing, kita sebagai pelajar harus terorganisasi “. Hal ini terbukti saat bulan April 2018 pada acara HKB ( Hari Kesiapsiagaan Bencana ) yang mana pada hari itu Muhammadiyah berhasil mengumpulkan lebih dari sepuluh juta orang dari dua puluh lima juta orang, dan pada kegiatan tersebut diakui oleh PBB.